TEORI KEPRIBADIAN KURT LEWIN

 

YANSES KALA’ IRI’

 19310410046

Psikologi Kepribadian II

Dosen pengampu: Fx. Wahyu Widiantoro, S.Psi M. A

Pada 9 September 1890 Kurt Lewin dilahirkan di Mogilno Jerman, Berawal dari belajar ilmu fisika dan kimia, kurt lewin terkenal sebagai seorang psikolog dengan teori medan. Dalam teori medan Kurt Lewin menggambarkan manusia sebagai pribadi yang berada dalam lingkungan psikologis, dengan ruang hidup yang disebut topologi. Karena orang-orang dan lingkungannya merupakan bagian-bagian ruang kehidupan. Fokusnya adalah saling hubungan antar segala sesuatu di dalam jiwa manusia. Struktur Kepribadian, Lewin menyebutkan ada ruang hidup, daerah pribadi, daerah lingkungan psikologis, dan lingkungan non-psikologis.

Pribadi adalah heterogen, terbagi menjadi bagian-bagian yang terpisah meskipun saling berhubungan dan saling bergantung. Lingkungan psikologis, yaitu daerah di dalam elips tetapi diluar lingkaran. Lingkungan non-psikologis, lingkungan ini luasnya tidak terhingga sehingga tidak mempunyai bondaris. Dinamika kepribadian, konsep-konsep dinamika pokok dari Lewin terdiri atas energi psikis (psychic energy), tegangan, kebutuhan (need), tindakan (action) meliputi vector (kekuatan yang mendorong terjadinya tingkah laku), valensi (nilai region dari lingkungan psikologis bagi pribadi), lokomosi (perpindahan lingkaran pribadi), dan event.

Perkembangan kepribadian bagi Lewin, sesuatu nyata dan berkesinambungan. Usia dan tahap perkembangan dianggapnya tidak terlalu banyak membantu memahami perkembangan psikologis. Diferensiasi menjadi salah satu konsep pokok Lewin. Diferensiasi yaitu semakin bertambah usia, maka region-region dalam pribadi seseorang dalam lingkungan psikologinya akan semakin bertambah. Perubahan dalam variasi tingkah lakunya seperti hubungan sosial, aktivitas, kebutuhan dan emosi. Perubahan dalam organisasi dan struktur tingkah lakunya lebih kompleks. Perubahan dalam realitas, dapat membedakan mana yang khayal dan yang nyata, pola berpikir meningkat. Konsep matematika dalam teorinya membuat fenomena psikis dapat diringkas ke dalam peristilahan yang tepat.

SUMBER:

http://repository.uin-malang.ac.id/3758/1/%28Field%20Theory%29.pdf

https://www.google.com/url?sa=i&url=http%3A%2F%2Fcatatanmasimam.blogspot.com%2F2017%2F04%2Fkurt-lewin-dan-dinamika-kelompok.html&psig=AOvVaw3zxueFChtq645db06Hjk3d&ust=1603717642295000&source=images&cd=vfe&ved=0CAIQjRxqFwoTCLjV-_bnz-wCFQAAAAAdAAAAABAD (GAMBAR)

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEORI OPERANT-REINFORCEMENT B.F. SKINNER

ORIENTASI NILAI BUDAYA MENURUT INDVIDU MODERN, DARI KERANGKA KLUCKHOHN

TEORI KEPRIBADIAN ABRAHAM MASLOW