TEORI KEPRIBADIAN ABRAHAM MASLOW

 


YANSES KALA’ IRI’
19310410046
Psikologi Kepribadian II
Dosen pengampu: Fx. Wahyu Widiantoro, S.Psi M. A

Abraham Harold Maslow dilahirkan di Brooklyn, New York, pada tanggal 1 April 1908. Maslow merupakan seorang tokoh psikologi aliran humanistik, yang merupakan seorang penemu teori hirarki kebutuhan manusia. Konsep teori Abraham Maslow menjelaskan suatu hierarki kebutuhan (hierarchy of needs) yang menunjukkan adanya lima tingkatan dari kebutuhan dasar dan keinginan dalam diri manusia. Lima tingkatan kebutuhan dasar manusia adalah sebagai berikut: yaitu kebutuhan fisiologi, rasa aman, cinta dan memiliki, harga diri, dan aktualisasi diri. Pada teoirinya Maslow menjelaskan bahwa setiap individu harus bisa memenuhi kebutuhan yang paling dasar agar dapat memenuhi kebutuhan yang lebih tinggi lagi dari sebelumnya. Menurut pandangan Maslow, kebutuhan tertinggi adalah kebutuhan untuk mengaktualisasikan diri.

Pada teori ini dijelaskan bahwa kebutuhan fisiologis merupakan tingkatan yang harus lebih dulu terpuaskan lalau kemudian berlanjut pada kebutuhan rasa aman. Setelahnya dilanjutkan dengan kebutuhan fisiologis yang kemudain nantinya akan berlanjut pada kebutuhan kasih sayang, Karena itu dikatakan seseorang tidak akan dapat mengenali atau mengejar kebutuhan yang lebih tinggi dalam hierarki sampai kebutuhannya dasarnya belum terselesaikan. bagan dari teori hierarki kebutuhan Maslow menjelaskan bahwa teori hierarki kebutuhan Maslow di atas memberikan penanda rangkaian kebutuhan seseorang yang selalu mengikuti alur hierarki tersebut. Pemikiran Abraham Maslow memberi kita satu petunjuk yang komprehensif dalam mengkaji kebutuhan yang bisa memotivasi manusia lebih khusus dalam suatu organisasi. Teori hirarki kebutuhan menitik beratkan pada pemenuhan kebutuhan dasar manusia secara fisik, lalu berlanjut pada kebutuhan yang bersifat external yang berhubungan dengan dunia luar.



SUMBER:

http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/khizanah-al-hikmah/article/download/1067/pdf_10

https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jsi/article/download/28750/14115/

https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fwww.verywellmind.com%2Fbiography-of-abraham-maslow-1908-1970-2795524&psig=AOvVaw142K6ww-OEIkm8WWzXABTn&ust=1603716162583000&source=images&cd=vfe&ved=0CAIQjRxqFwoTCPCGh7riz-wCFQAAAAAdAAAAABAa (GAMBAR)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEORI OPERANT-REINFORCEMENT B.F. SKINNER

ORIENTASI NILAI BUDAYA MENURUT INDVIDU MODERN, DARI KERANGKA KLUCKHOHN