TEORI KEPRIBADIAN RAYMOND B. CATTLE

 

YANSES KALA’ IRI’

19310410046

Psikologi Kepribadian II

Dosen pengampu: Fx. Wahyu Widiantoro, S.Psi M. A

Raymond Bernard Cattell dilahirkan di kota Staffordshire,Inggris pada tahun 1905. Raymond Cattell adalah seorang peneliti yang pada metode-metode kuantitatif tidak mempersempit spektrum perhatiannya terhadap data dan masalah-masalah psikologis. Cattell dan juga Hans J. Eysenk meyakini bahwa dasar dari kepribadian memiliki banyak sekali dimensi yang dapat diukur dan teknik statistik analisis factor dapat dipakai sebagai sarana untuk mengisolasi variabrl-variabel kepribadian itu. attell memberi definisi yang sangat umum mengenai kepribadian yaitu: ‘‘Personality is that which permits a prediction of what a person will do in a given situation’’ Berdasarkan definisi tersebut,Cattell berpendapat bahwa tujuan dari pada penelitian mengenai kepribadian adalah menentukan hukum-hukum mengenai apa yang akan dilakukan oleh berbagai orang dalam berbagai situasi dalam lingkungan,yaitu mengenai segala aktifitas individu baik yang nampak maupun tidak. Kepribadian yang dimaksud Cattell fokus dengan seluruh bentuk perilaku, baik luar dan dalam.

Teori kepribadian Cattell berangkat dari teorinya Gordon W. Allport yakni mengenai trait yang lebih dikembangkan lagi.Trait sendiri yaitu sebuah kecenderungan reaksi yang relativ permanen yang merupakan bagian dari kepribadian. Adapun teori dari Cattell dikenal dengan Analisis Faktor, yaitu sebuah prosedur statistik untuk mengukur faktor-faktor umum pada individu.Dalam hal ini Cattell menggunakan 3 metode pendekatan,antara lain Life Record,yaitu catatan mengenai tingkah laku dalam kehidupan sehari-hari disebut juga sebagai data L, kemudian ada Self Rating yaitu sebagai pelengkap untuk melengkapi data yang diperoleh dengan metode life record atau disebut juga data Q, dan Objective Test, yang merupakan observasi terhadap individu dalam situasi yang diadakan secara khusus supaya dapat dibuat ramalan mengenai tingkah laku individu tersebut dalam situasi-situasi  yang lain atau disebut juga data T. Bisa saya katakana bahwa teori dari Cattel ini adalah penyempurnaan dari teori yang pernah diutarakan oleh Allport, namun dalam teori ini Cattel juga memberikan  pendapatnya sendiri tentang kepribadian itu. Sehingga ada perbedaan dari teori Allport.

 

SUMBER:

http://dimas-p-a-fib11.web.unair.ac.id/artikel_detail-101970-Etika%20dan%20Kepribadian-Teori%20Kepribadian%20Menurut%20Raymond%20Bernard%20Cattell.html

https://images.app.goo.gl/xEAGoANDYEaqFULR7 (GAMBAR)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEORI OPERANT-REINFORCEMENT B.F. SKINNER

ORIENTASI NILAI BUDAYA MENURUT INDVIDU MODERN, DARI KERANGKA KLUCKHOHN

TEORI KEPRIBADIAN ABRAHAM MASLOW